Situasi Dimana Kita Ragu dalam Solat Sudah Rakaat Berapa, Inilah yang Harus Dilakukan..share ya semoga bermanfaat




Kesangsian terkadang menimpa orang yang tengah salat. Kesangsian yang membuatnya bimbang, sudah di rakaat berapakah ia. Lalu apa yang butuh dikerjakan apabila sedang solat ragu, umpamanya telah salat tiga rakaat atau empat rakaat? 
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz dalam kitaabnya Tuhafatul Ikhwan bi Ajwibatin Muhammatain Tata’allaqu bi arkanil Islam yang diterjemahkan jadi Ajukan pertanyaan Jawab tentang Rukun Islam membahas persoalan ini. 

Syaikh Bin Baz berkata, yang perlu untuk orang itu yakni memberi kepercayaan jumlah yang lebih kecil. Jadi dalam permasalahan ini, ia memberi kepercayaan bila sudah 3 rakaat. Sesudah rakat empat ia sujud sahwi (sujud karena lupa) lalu salam. Dalilnya Sbada Rasululloh sebagai berikut

 

 " Apabila seseorang dari kalian ragu dalam salatnya, lalu ia tak memahami berapakah yang telah ia kerjakan tiga atau empat rakaat, jadi baiknya ia buang kesangsian dan bangun atas apa yang ia yakini, lantas baiknya ia sujud 2 x sebelumnya salam. Apabila kenyataannya ia salat lima rakaat, ke-2 sujud itu menggenapkan salatnya. Jika ia salat sempurna (4 rakaat), jadi ke-2 sujud itu yaitu kemenangannya atas Syetan. " (Hadis dikeluarkan Muslim dalam shahihnya) 

Mengenai jika tentukan meyakini pada satu diantara dua kesempatan tadi dan tentukan mana yang ia meyakini, jadi setelah salam ia sujud sahwi 2 x. 

Semoga bermangfaat
Tag : Islami, Layak Tau
Back To Top